Rabu, 17 November 2010

Model Atom Niels Bohr

     Pada model atom Rutherford terdapat kelemahan,namun kelemahan tersebut dijawab oleh Niels Bohr yang mengemukakan pendapatnya mengenai teori kuantom.Bohr mengemukakan beberapa idenya mengenai peredaran elektron dan perpindahan elektron sebagai berikut.
  1. Dalam atom terdapat kulit atau lintasan atau orbit yang ,merupakan tempat elektron beredar. Selama elektron beredar,elektron tidak membebaskan atau menyerap energi,sehingga elektron akan tetap stabil dan elektron tidak akan jatuh ke inti atom.Kulit atau lintasan tempat elektron berada merupakan tingkat energi elektron.Tingkat energi yang paling rendah adalah elektron yang paling dekat dengan inti,yaitu E1(Kulit K).selanjutnya tingkat energi kedua(E2) atau kulit M,dan seterusnya.Urutan tingkat energi ialah E1<E2<E3<.... dan Kulit K<Kulit L<Kulit M<.......dan seterusnya.
  2. Elektron dapat berpindah dari tingkat energi terendah ke tingkat energi yang lebih tinggi dengan cara menyerap energi.dan juga sebaliknya elektron dapat berpindah dari tingkat energi yang tinggi ke tingkat energi yang lebih rendah dengan cara melepas energi.
Gambar model atom Bohr













Sumber:Wismono,Jaka,dkk.2004.Kimia dan Kecakapan Kerja.Jakarta:Ganeca Exact.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar