Selasa, 13 November 2012

Bumi Berputar(1600km/jam) Namun Kenapa Kita Tidak Merasakanya

Kita semua tentu tahu bahwa bumi berotasi/berputar terhadap porosnya serta berevolusi mengitari matahari, namun mengapa kita tidak merasakan bahwa bumi itu berputar? mengapa tidak ada goncangan sedikit pun yang terjadi, atau kenapa kita tidak merasakan pusing?. coba anda berputar-putar terus menerus tentu anda akan mengalami pusing, namun kenapa kita tidak merasakan pusing saat bumi berotasi/berputar? Baiklah berikut penjelasan ilmiahnya.
Sesuai dengan hukum Newton yang pertama bahwa "benda akan tetap diam atau tetap  bergerak konstan jika tidak diberi gaya dari luar

Sebelumnya utnuk mempermudah pemahaman kita  tentang hukum 1 newton tersebut, misalkan ada sebuah batu diletakan diatas meja, maka batu tersebut tidak akan bergerak jika tidak ada gaya/dorongan yang diberikan kepada benda tersebut. ataupun juga benda akan tetap bergerak konstan /tetap jika tidak diberi gaya dari luar.
Kenapa Kita tidak bisa merasakan bumi itu berputar? hal itu dikarenakan bumi berputar dengan kecepatan konstan/tetap. Untuk mempermudah pemahaman kita, perhatikan ilustrasi berikut ,misalkan kita berada didalam  kapal laut yang bergerak dengan kecepatan konstan/tetap dengan mata tertutup, apakah anda menrasakan bahwa kapal tersebut bergerak.  tentu kita akan merasakan seolah-olah kapal tersebut tidak bergerak, demikianlah halnya dengan bumi, walaupun bumi berotasi/berputar dengan kecepatan tinggi 1600 km/jam kita tidak merasakan pusing ataupun goncangan karena bumi berputar  dengan kecepatan konstan. kita baru akan merasakan goncangan atau pusing jika bumi ditabrak oleh benda asing dari angkasa, karena tabrakan tersebut membuat kecepatan bumi menjadi tidak konstan.

By: Davit Susanto
Sumber :dari R.L Wolke

Tidak ada komentar:

Posting Komentar