Kamis, 06 Maret 2014

Mengukur Ketinggian Hanya Dengan Sebuah Batu ??? BISAKAH ???

Percayakah kalian jika kita bisa mengukur ketinggian hanya dengan sebuah batu? Mungkin ada yang percaya dan ada juga yang tidak. Untuk mengetahui jawabanya  silakan baca penjelasannya berikut ini.
Biasanya  untuk mengukur ketinggian (misalnya ketinggian gedung ) menggunakan meteran . namun ada cara lain yang bisa kita gunakan untuk mengukur ketinggian, yakni dengan menggunakan sebuah batu dengan alat bantuan stopwatch. Pengukuran ketinggian dengan menggunakan batu ini berdasarkan prinsip hukum gerak jatuh bebas yang dikemukakan oleh Newton dengan persamaan sebagai berikut:
h= ½(g x t2)
jadi disini batu hanya digunakan untuk mengukur berapa lama batu tersebut jatuh dari ketinggian yang akan kita ukur dibantu stopwatch.. Ukuran batu tidak mempengaruhi lamanya batu sampai ke permukaan tanah ketika dijatuhkan,  g , merupakan gaya gravitasi, namun pada umunya besaranya adalah sekitar 9,8 m/s2.
Contoh :
Saya ingin mengukur ketinggian sebuah gedung, lalu saya ambil sebuah batu (ukuran batu terserah mau besar atau kecil)  dan stopwatch kemudian saya naik keatas gedung tersebut. dari atas gedung kemudian saya menjatuhkan batu tersebut sambil menghidupkan stopwatch untuk mencatat berapa lama waktu yang dibutuhkan batu hingga sampai ke permukaan tanah. Misalkan waktunya adalah 10 detik, maka berapa ketinggian gedung tersebut?

waah itu simpel, tinggal masukin aja kerumus gerak jatuh bebas

h = ½ [ 9,8 x (10)2]  
   = 490 meter
Jadi ketinggian gedungnya 490 meter
Sangat simpel ya hehe, anda juga bisa menggunakan cara ini untuk mengukur tinggi badan atau yang lainnya deh. Tapi perlu diingat penggunaan teknik ini tidak seakurat menggunakan meteran, karena gaya gravitasi tiap lokasi tidaklah sama 9,8 m/s2


By : Davit Susanto

2 komentar:

  1. apakah dalam rumus ini berat atau massa batu tidak di masukan ?

    BalasHapus
  2. Masaa Batu 100kg ataupun 10kg ketika dijatuhkan akan jatuh scr bersamaan krn gaya gravitasi.. kecuali kita jatohin di bulan.. Mgkin pengaruh

    BalasHapus