Minggu, 28 Oktober 2012

Memasak Air lebih cepat mendidih dengan panci tertutup mengapa?

Ambilah dua panci yang berukuran sama, kemudian isilah kedua panci tersebut dengan air sama banyaknya. Kemudian masak air tersebut dengan suhu yang sama, namun biarkan panci pertama dalam keadaan terbuka sedangkan panci kedua dalam keadaan tertutup. yang jadi pertanyaan kita adalah yang manakah yang akan mendidih duluan???
Untuk menjawab pertanyaan tersebut alangkah baiknya kita mengerti terlebih dahulu tentang arti "mendidih", pada dasarnya mendidih diartikan jika tekanan uap pada sistem (dalam hal ini air didalam panci) sama dengan tekanan lingkungannya (diluar panci). tekanan uap disini diartikan sebagai tekanan yang dihasilkan oleh uap yang terbentuk saat dipanaskan. Kok bisa uap menghasilkan tekanan? ya tentu karena uap merupakan gas sehingga lebih bebas bergerak, yang mengakibatkan adanya tumbukan antar molekul uap gas tersebut dan juga dengan dinding2 medium disekitarnya (dalam hhal ini dinding panci). 
Jika kita sudah mengerti tentang apa itu mendidih, maka kita akan tau, manakah yang mendidih duluan, apakah panci yang tertutup atau yang terbuka? Ya benar, tentu pada panci tertutuplah air tersebut akan mendidih duluan, hal itu dikarenakan pada saat air didalam panci mulai menguap, maka uap air tersebut terkunci didalam panci tersebut sehingga tumbukan antar molekul uap air tersebut dengan dinding panci lebih besar yang mengakibatkan tekanan pada dalam sistem (dalam panci) akan besar pula sehingga besar tekanan uap tersebut akan cepat menyamai tekanan lingkunganya mengingat syarat untuk mendidihh adalah tekanan uap sistem = tekanan lingkungan. berbeda dengan panci yang terbuka mengakibatkan uap air banyak keluarr dari sistem sehingga jumlah uap air yang bertumbukan didalam sistem lebih sedikit, sehingga tekananya pun lama untuk meningkatnya yang meengakibatkan pendidihan lebih lama terjadi.

By: Davit Susanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar